Jumat, 16 Maret 2012

SK : Memahami Sistem Dalam Kehidupan Tumbuhan

KD : Mengidentifikasi Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Pertanyaan:

  1. Fenomena apakah yang dapat menunjukan adanya gerak pada tumbuhan?
  2. Sebutkan macam–macam gerak tumbuhan
  3. Dapatkah membuktikan terjadinya gerak pada tumbuhan
  4. Faktor-faktor apasajakah yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan
  5. Menjelaskan perbedaan antara gerak nasti dan gerak taksi pada tumbuhan

Jawaban :

  1. Fenomena yang dapat menggambarkan gerak pada tumbuhan hanya dilakukan oleh bagian tertentu, seperti bagian ujung tunas, ujung akar, dan daun. Tumbuhan tingkat tinggi dapat merespon rangsangan tertentu dari lingkungannya dengan melakukan gerak. Gerak tumbuhan umumnya sangat lambat sehingga perlu ketelitian tinggi untuk dapat mengamatinya. salah satu contoh adalah gerak menutupnya aun putrid malu.
  2. Gerak pada tumbuhan dapat dibagi menjadi 3 yaitu gerak endonom, esionom, dan higroskopis.
  • Gerak Endonom:
Gerak endonom adalah gerak yang tidak diketahui penyebab luarnya. Gerak ini dikenal pula sebagai gerak spontan karena tumbuhan melakukan gerakan secara spontan tanpa perlu adanya rangsangan dari luar. Contoh gerak endonom ini adalah gerak pertumbuhan daun dan gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun Hydrilla verticillata yang dapat dideteksi dari gerak sirkulasi klorofil di dalam sel.
  • Gerak Esionom :
Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar. Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak esionom dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu tropisme, taksis, dan nasti.
  • Gerak Higroskopis:
Gerak higroskopis disebabkan karena perubahan kadar air. Gerak ini dapat menyebabkan pecahnya buah kapas dan polongpolongan setelah mengering. Contoh lainnya adalah membukanya sel anulus pada sporangium tumbuhan paku dan membukanya gigi peristom pada sporangium tumbuhan lumut.
  1. Dapat kita kita buktikan dengan melakukan pengamatan pada daun putri malu atau pada gerak tumbuhan yang arah tumbuhnya dipengaruhi cahaya matahari
  2. Faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan adalah fak tor eksternal dan faktor internal
  • Faktor eksternal: gerak yang terjadi karena adanya rangsang dari luar atau lingkungan, misalnya rangsangan sentuhan atau kontak fisik.
  • Faktor internal : gerak tumbuhan yang dipengaruhi dari dalam tumbuhan itu sendiri, misalnya gerak pertumbuhan daun dan gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun Hydrilla verticillata yang dapat dideteksi dari gerak sirkulasi klorofil di dalam sel.
  1. Perbedaan antara gerak taksi dan gerak nasti yaitu:
  • Gerak nasti berbeda dari gerak taksis yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak nasti merupakan gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan, tetapi ditentukan oleh tumbuhan itu sendiri.
  • Sedangkan gerak taksis adalah gerak seluruh tubuh tumbuhan menjauhi ataupun mendekati sumber rangsangan
http://www.e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_447/Flash/pencerna.swf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar