Kamis, 29 Maret 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bioteknologi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama sekolah  : SMA…..
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/semester   : XII/2
Alokasi waktu  : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)

A. Standar kompetensi : 
5.  Memahami Prinsip-Prinsip Dasar Bioteknologi Serta Implikasinya Pada Salingtemas
B. Kompetensi dasar :
5.1 Menjelaskan Arti, Prinsip Dasar Dan Jenis-Jenis Bioteknologi
C. Indikator pencapaian kompetensi :
1.   Menyebutkan bioteknologi berdasarkan perkembangannya.
2.   Mendeskripsikan bioteknologi berdasarkan perkembangannya
3.   Membedakan bioteknologi  konvensional dan modern
4.   Menentukan prinsip dasar bioteknologi bioteknologi modern dan konvensional
5.   Mendefinisikan pengertian bioteknologi
D. Tujuan pembelajaran :
Setelah melakukan diskusi kelompok Siswa kelas XII mampu untuk:
1.   Menyebutkan dengan benar 2 macam perkembangan bioteknologi setelah melakukan diskusi kelompok
2.   Mendeskripsikan dengan benar perkembangan-perkembangan biotekonologi konvensional setelah melakukan diskusi kelompok
3.   Mendeskripsikan dengan benar perkembangan-perkembangan biotekonologi modern  setelah melakukan diskusi kelompok
4.   Membedakan dengan benar bioteknologi konvensional dan modern setelah melakukan diskusi kelompok
5.   Menentukan dengan tepat prinsip dasar perkembangan bioteknologi modern setelah melakukan diskusi kelompok
6.   Menentukan dengan tepat prinsip dasar perkembangan bioteknologi konvensional setelah melakukan diskusi kelompok
7.   Mendefenisikan dengan benar pengertian bioteknologi setelah melakukan diskusi kelompok

E. Materi ajar
Bioteknologi
·      Pengertian Bioteknologi
·      perkembangan bioteknologi
·      Arti dan prinsip dasar Bioteknologi.
·      Jenis-jenis Bioteknologi
F. Metode pembelajaran :
·      Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) Spencer Kagan 1992
G. Kegiatan pembelajaran

Pertemuan ke- 1

No.
Kegiatan
Guru
Siswa
1.
Kegiatan Awal (10 Menit)
·      Menyapa dan memeriksa kehadiran siswa.

·      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari adalah Bioteknologi


·      Guru menarik perhatian siswa dengan   pertanyaan “Kalian tentu mengenal makanan seperti tempe, dan  kecap, Dari bahan dasar apa makanan tersebut dibuat? Mikroorganisme apakah yang berperan di dalam proses terjadinya tempe dan kecap?


·       Mempersiapkan diri untuk mengikuti proses KBM
·       Menyimak dan memperhatikan materi yang di sampaikan guru
·       Menulis topik yang disampaikan guru

·       Menjawab pertanyaan guru.
2
Kegiatan Inti (75 Menit)
·      Membimbing siswa dalam pembentukan kelompok secara heterogen. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa.

·      Memberikan ulasan singkat materi yang akan dipelajari yaitu tentang  Bioteknologi

·      Menyajikan topik permasalahan yang akan  dibahas setiap kelompok yaitu tentang perkembanganbioteknologi, perbedaan bioteknologi moderen dan konvensional, prinsip dasarnya, serta pengertian bioteknologi

·      Meminta setiap anggota kelompok untuk mendiskusikan permasalahannya









·      Meminta/menunjuk salah satu kelompok unuk melaporkan/mempresentasikan hasil kerja kelompoknya


·      Guru memberikan penguatan terhadap jawaban peserta didik dengan meluruskan konsep yang salah

·      Membimbing siswa untuk merangkum materi yang telah dibahas

·       Duduk dalam kelompoknya



·       Mendengarkan penjelasan guru dan mengajukan pertanyaan apabila belum di pahaminya

·       Setiap kelompok mendapatkan tugas yang akan didiskusikan
·      Siswa bekerja sama dalam kelompok




·       Setiap siswa berdiskusi dalam kelompoknya. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain
·       Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka
·       Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
·       Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka


·       Mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal, siswa lain mendengarkan dan memerikan pertanyaan/ tambahan/ mengggapi.


·       Mendengar dan mencatat jawaban yang disampaikan oleh guru  



·       Merangkum pembelajaran hari ini


3
Kegiatan Akhir (5 menit)
·         Guru mengakhiri dan menutup pelajaran


·       Menyiapkan diri untuk mengikuti pelajaran berikutnya

H. Sumber Belajar/Alat/Bahan
1.      Sumber Belajar:
·         Buku teks
          Aryulina, Diah.2007.  Biologi 3 SMA dan MA untuk Kelas XII. Jakarta:
Penerbit ESIS
2.      Alat
·         Laptop                                                 
·         LCD Proyektor

3. Bahan
·         LKS, Bahan presentasi (power point)
I.  Penilaian Hasil Belajar             
1.        Teknik
·         Tes tertulis
·         Tes Unjuk kerja

2.        Bentuk Instrumen
·         Uraian, Pilihan ganda,
·         Lembar observasi
3.        Contoh instrument terlampir








Mengetahui
Kepala SMA                                                                            Guru Mata Pelajaran



……………………..                                                                ……..………………
NIP.                                                                                         NIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar