BAB III
SILABUS
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS : XI (SEBELAS) / I
STANDAR KOMPETENSI : Memahami struktur dan fungsi sel sabagai unit terkecil kehidupan
ALOKASI WAKTU : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis)
| Membuat peta konsep sel Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel Menggunakan mikroskop untuk pengamatan sel Menggambar sel sesuai dengan hasil pengamatan mikroskopis Membedakan struktur sel hidup dan sel mati Membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan Menentukan nama bagian-bagian sel hasil pengamatan mikroskopis Mengambar secara skematis struktur ultramikroskopis sel Memberi nama organel-organel sel pada gambar skematis sel Menentukan fungsi organel-organel sel Menunjukkan gejala difusi Mendefinisikan difusi berdasarkan percobaan Menunjukkan gejala osmosis Mendefinisikan gejala osmosis berdasarkan percobaan Menggambarkan struktur membrans sel Mendeskripsikan mekanisme pengangkutan melalui membran sel | Membran sel Sitoplasma Inti sel Difusi Osmosis Imbibisi Transpor aktif | | Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik Menunjukkan adanya gejala difusi dan osmosis Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis Menjelaskan mekansime transpor aktif Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat | Laporan pengamatan mikroskopis sel Uji kompetensi tertulis Lembar penilaian laporan hasil praktikum Soal uji kompetensi tertulis Poster tentang sel Uji Kompetensi tertulis Lembar penilaian poster Soal uji kompetensi tertulis Laporan praktikum Uji kompetensi tertulis Lembar penilaian laporan hasil praktikum Soal uji kompetensi tertulis | 4 X 45 menit 2 x 45 menit 2 x 45 menit | Buku kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab 1 Mikroskop Buku kerja Biologi 2A, Ign, Khristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab I Gambar sel Buku kerja Biologi 2A, Ign, Khristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab I |
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS : XI (SEBELAS) / I
STANDAR KOMPETENSI : Memahami keterkaitan antara strktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks saling temas
ALOKASI WAKTU : 8 X 45 menit
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkan dengan fungsinya
| Membuat peta konsep jaringan tumbuhan Mendeskripsikan struktur-fungsi berbagai jaringan tumbuhan Mengamati struktur akar dan batang tumbuhan dengan menggunakan mikroskop Menggambar hasil pengamatan mikroskopis struktur akar dan batang tumbuhan Memberi keterangan gambar struktur mikroskopis akar dan batang Membedakan struktur akar monokotil dan dikotil Membedakan struktur batang dikotil dan monokotil Membuat preparat mikroskopis potongan melintang daun Membuat preparat mikroskopis potongan membujur daun Mengamati struktur daun dengan menggunakan mikroskopis Menggambar struktur daun berdasarkan hasil pengamatan Memberi nama bagian-bagian daun Menggambar struktur stomata Membuat peta konsep jaringan hewan Mengidentifikasi struktur dan fungsi berbagai jaringan hewan Mengamati jaringan yang terdapat pada paha ayam Menggambar struktur paha ayam Menentukan berbagai jaringan yang terdapat pada paha ayam Mengamatai struktur mikroskopis jaringan hewan dengan preparat awetan Menggambar hasil pengamatan mikroskopis jaringan hewan Memberi keterangan bagian-bagian gambar mikroskopis jaringan hewan Membedakan struktur dan fungsi tulang rawan dan tulang keras Membedakan struktur dan fungsi otot polos, lurik dan jantung | Jaringan meristem Jaringan permanen Akar Batang Daun 1. Jaringan epitel 2. Jaringan ikat 4. Jaringan otot 5. Jaringan saraf Organ pada hewan Sistem organ pada hewan | Studi membaca untuk mengidentifikasi berbagai jaringan yang terdapat pada tumbuhan Pengamatan mikroskopis struktur akar, batang, dan daun
| Mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan Menggambar struktur akar, batang, dan daun Membandingkan struktur akar dan batang tumbuhan dikotil dan monokotil
Mengidentifikasi berbagai jaringan pada hewan Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan hewan Menggambar struktur berbagai jaringan pada hewan Membedakan jaringan-organ dan sistem organ
| Laporan pengamatan akar, batang, dan daun Uji kompetensi tertulis Lembar penilaian laporan hasil praktikum Soal uji kompetensi tertulis Laporan pengamatan jaringan hewan Uji kompetensi tertulis Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis | 4 x 45 menit 4 x 45 menit | Buku kerja Biologi 2A, lgn, Krhristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab II Mikroskop Akar, batang, dan daun Buku kerja Biologi 2A, lgn, Khristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab III Mikroskop Preparat awetan jaringan hewan |
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS /SEMESTER : XI (SEBELAS) / I
STANDAR KOMPETENSI : 3 Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
ALOKASI WAKTU : 12 X 45 Menit
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
| Membuat peta konsep sistem gerak pada manusia Mengidentifikasi komponen penyusun sistem gerak manusia Mengidentifikasi berbagai gerakan yang dapat dilakukan manusia Mengamati berbagai persendian dengan menggunakan kerangka manusia Menggambar berbagai persendian pada manusia Mengamati struktur tulang Mengamati dan mempelajari kontraksi otot Menguraikan gerakan yang dilakukan pada berbagai aktivitas manusia | Rangka Otot Sinartrosis Diartrosis Berbagai macam persendian Berbagai gerak yang dapat dilakukan manusia Gangguan pada sistem gerak manusia | Studi membaca untuk mengidetifikasi sistem gerak manusia Pengamatan struktur tulang Pengamatan berbagai persendian pada manusia Pengamatan struktur persendian Pengamatan kontraksi otot | Menjelaskan struktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia. Menggambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian Menggambarkan struktur persendian Menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat Mendeskripsikan struktur tulang Menjelaskan struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia Mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia | Laporan praktikum Uji kompetensi tertulis
Lembar penilaian laporan hasil pengamatan Soal uji kompetensi tertulis
| 5 x 45 menit | Buku kerja Biologi 2A, lgn, Kristiyono, Esisi Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab IV |
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
| Membuat peta konsep sistem peredaran darah manusia Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem peredaran darah manusia Melakukan pengujian golongan darah manusia Membedah hewan untuk diamati jantungnya Mengamati letak jantung hwan vertebrata Mengamati struktur jantung hewan vertebrata Menggambar struktur jantung hewan vertebrata Mendeskripsikan denyut jantung berdasarkan hasil pengamatan Membandingkan struktur jantung pada berbagai hewan vertebrata Membuat kliping ganguan/penyakit pada siistem peredaran darah manusia dan teknologi mengatasinya | Darah Jantung Pembuluh darah | Studi membaca untuk mengidentifikasi komponen penyusun sistem peredaran darah manusia Mengamati eritrotis dan menggambar hasil pengamatan Menguji golongan darah Pengamatan sistem peredaran darah pada berbagai hewan vertebrata Mengumpulkan informasi untuk membuat kliping tentang ganguan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia | Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya Membuat skema proses pembekuan darah Menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya Menjelaskan hubungan struktur pembuluh darah dan fungsinya Menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia Menjelaskan sistem limfe Mendeskripsikan hubungan sistem peredaran darah dan sistem limfatik Mendiskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia Mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata Membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata | 1.Laporan praktikum uji golongan darah 2. Laboran praktikum pengamatan eritrosit 3.Laporan praktikum pengamatan sistem peredaran darah hewan vertebrata 4.Kliping 5.Uji kompetensi tertulis Lembar penilaian laporan hasil praktikum lembar penilaian kliping Soal uji kompetensi tertulis | 7 x 45 menit | Buku kerja Biologi 2A, Lgn, Kristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab V Koran, majalah , jurnal buku, sumber, dan invormasi. Hewan vertebrata |
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS / SEMESTER : XI (SEBELAS) / II
STANDAR KOMPETENSI : 3 Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
ALOKASI WAKTU : 34 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
| Membuat peta konsep sistem pencernaan makanan manusia Melakukan pengujian kandungan gizi pada bahan makanan Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem pencernaan makanan manusia. Menggambar struktur sistem pencernaan makanan hewan vertebrata Membandingkan struktur sistem pencernaan makanan pada berbagai hewan vertebrata | Zat gizi dan fungsinya bagi manusia Cara menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan Organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia meliputi:
1. Saluran pencernaan: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar 2. Kelenjar pencernaan: lambung, hati, pankreas, kelenjar usus Proses pencernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia Sistem pencernaan pada hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia (memamah biak) Brbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia.
| Praktek menguji makanan Praktek tentang enzim dan kerja enzim Mengidentifikasi sistem pencernaan makanan manusia Mengamati sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata | Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh Menghubungkan struktur dan fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia. Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia. Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar. Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata | Laporan praktikum pengamatan enzim Laporan praktikum uji makanan Uji kompetensi tertulis Lembar penilaian laporan praktikum Soal uji kompetensi tertulis Uji kompetensi tertulis | 5 x 45 menit | Buku kerja Biologi 2B, Lgn, Kristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VI Beberapa bahan makanan Tabung reaksi Rak tabung reaksi Pembakar spiritus Regen biurat, iod, dan benedict |
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalya burung)
| Membuat peta konsep sistem pernapasan manusia Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem pernapasan manusia. Membedah hewan untuk diamati sistem pernapasan nya Menggambar struktur sistem insang dan trakea Mengukur volume udara pernapasan | 1. Hidung 2. Saluran pernapasan 3. Paru-paru Mekanisme pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia Volume-volume udara yang dipernapaskan Mekanisme pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia Sistem pernapasan pada hewan vertebrata Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia
| Mengidentifikasi struktur dan fungsi pada sistem pernapasan manusia Mengukur volume udara pernapasan Mengamati sistem respirasi ikan dan serangga | Mengidentifikasi dan fungsi sistem pernapasan manusia Menjelaskan proses pernapasan yang terjadi pada manusia Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru Menjelaskan proses pertukaran gas Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia Mengamati sistem pernapasan pada hewan vertebrata Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata | Laporan praktikum pengamatan sistem pernapasan pada ikan dan serangga Uji kompetensi tertulis Lembar penilaian laporan hasil praktikum Soal uji kompetensi tertulis | 5 x 45 menit | Buku kerja Biologi 2B, Lgn, Kristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VII Ikan dan kecoa |
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
| Membuat peta konsep sistem ekskresi manusia Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem ekskresi manusia Menggambar struktur ginjal Menjelaskan proses pembentukan urine Membedah serangga untuk diamati struktur alat ekskresinya Menggambar struktur alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan | Pengertian ekskresi, sekresi dan defekasi Organ-organ ekskresi pada manusia dan fungsinya antara lain: 1. Ginjal 2. Paru-paru 3. Kulit 4. Hati | Studi membaca untuk mengidentifikasi sistem ekskresi manusia Diskusi struktur, fungsi, dan gangguan (penyakit) pada ginjal sebagai alat ekskresi Diskusi struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi Diskusi struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi Diskusi struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi Diskusi sistem ekskresi pada hewan Praktikum pengamatan struktur alat ekskresi pada serangga | Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan defekasi Menggambar struktur nefron dan menjelaskan proses pembentukan urine Mengidentifikasi penyakit/gangguan pada ginjal sebagai alat ekskresi manusia Mendeskripsikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi Mendeskripsikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi Mendeskripsikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi Menyimpulkan pengaturan fungsi osmoregulasi pada tubuh manusia Mengidentifikasi alat ekskresi pada hewan Mengidentifikasi alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan | Tugas kajian/makalah tentang cuci darah Laporan praktikum pengamatan alat ekskresi serangga Uji kompetensi Lembar penilaian makalah Lembar penilaian laporan hasil pengamatan Soal uji kompetensi tertulis | 6 X 45 menit | Buku kerja Biologi 2B, Lg, Kristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VIII Berbagai informasi tentang cuci darah Belalang Alat bedah |
Menjelaskan keterkaitan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
| Membuat peta konsep sistem koordinasi manusia Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem koordinasi manusia Menggambar struktur alat indera Menguji kerja alat indera Menghubungkan fungsi sistem syaraf dan alat indra Menjelaskan mekanisme pengaturan homeostasis | 1. Sel-sel saraf (neuron) 2. Struktur otak 3. Sistem saraf sadar dan tak adar 1. Penglihatan 2. Pendengaran 3. Pembau 4. Pengecap 5. Peraba 1. Kelenjar hipofisis 2. Kelenjar tiroid 3. Kelenjar paratiroid 4. Kelenjar suprarenalis 5. Kelenjar pankreas 6. Ovarium 7. Testis | Diskusi mengenai struktur, fungsi, dan proses pada system saraf manusia Eksperimen tentang gerak refleksi dan disadari Diskusi dan membuat poster tentang narkoba Praktikum tentang system indera manusia Diskusi tentang struktur dan fungsi pada system indera manusia Studi membaca dan diskusi mengenai system hormone Membuat rangkuman tentang system hormon | Mengidentifikasi struktur dan fungsi neuron Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses sistem indera manusia Mengkaitkan sturktur, fungsi, dan proses sistem indra manusia pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada system indera manusia Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia Menjelaskan mekanisme umpan balik dalam pengaturan homeostasis manusia Menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia | Laporan praktikum pengamatan Poster tentang narkoba Uji kompetensi tertulis Lembar penilaian laporan hasil praktikum Lembar penilaian poster Soal uji kompetensi tertulis | 10 x 45 menit | Buku kerja Biologi 2B, Lgn, Kristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab IX Gambar system saraf, indera dan system hormon |
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
| Membuat peta konsep sistem reproduksi manusia Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem reproduksi manusia Menggambar struktur alat reproduksi pria Menggambar struktur alat reproduksi wanita Menjelaskan mekanisme pengaturan siklus menstruasi pada manusia Membuat peta konsep sistem kekebalan tubuh manusia Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem kekebalan tubuh manusia Menjelaskan proses kekebalan tubuh bekerja. Menjelaskan prinsip kerja vaksin Menjelaskan prinsip kerja antibiotik Mengidentifikasi akibat lumpuhnya kekebalan tubuh pada penderita AIDS | Struktur organ reprodusksi pria Struktur organ reproduksi wanita Proses oogenesis dan ovulasi Siklus menstruasi Proses spermatogenesis Fertilisasi dan kehamilan Teknologi Keluarga Berencana Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia 1. Kekebalan yang tidak spesifik 2. Kekebalan spesifik Vaksin Antibiotik Gangguan kekebalan tubuh | Mengamati gambar tentang alat reproduksi pria dan wanita Diskusi proses spermatogenesis, cogenesis, menstruasi, fertilisasi, dan kehamilan Diskusi macam-macam KB Diskusi tentang reproduksi hewan | Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses pada sistem reproduksi manusia (pria dan wanita) Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan Menjelaskan fungsi system imun tubuh Mengidentifikasi system pertahanan tubuh secara alami Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada system imun Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit | Kliping Uji kompetensi tertulis Soal uji kompetensi tertulis 1.Makalah tentang AIDS 2.Uji kompetensi tertulis 1. Lembar penilaian makalah 2.Soal uji kompetensi tertulis | 4 x 45 menit 4 x 45 menit | Buku kerja Biologi 2B, Lgn, Khristiyono, Esis Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab X Gambar system alat reproduksi manusia Sentra usaha budidaya ikan hias Buku kerja XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab XI Sumber informasi tentang HIV dan AIDS |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar