RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester :
X/I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami hakikat Biologi sebagai
ilmu
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan
biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan,
organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
C.
Indikator
1.
Mengidentifikasi objek biologi pada berbagai tingkat
organisasi kehidupan
2.
Mengidentifikasi masalah biologi pada berbagai tingkat
organisasi kehidupan.
3.
Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi dengan
rencana penelitian sederhana yang dapat
dilakukan.
4.
Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda
ilmiah.
D.
Tujuan Pembelajaran
Siswa SMA kelas X semester I diharapkan mampu:
- Menentukan dengan benar objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan setelah melakukan diskusi kelompok
- Menentukan dengan benar permasalahan biologi
pada berbagai tingkat organisasi kehidupan setelah melakukan diskusi
kelompok
- Menghubukan dengan benar objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan
setelah melakukan
diskusi kelompok
4.
Mengusulkan alternative pemecahan masalah biologi dengan
rencana penelitian sederhana dengan
tepat setelah melakukan diskusi kelompok
5.
Melakukan pengamatan secara teliti objek dan permasalahan
biologi di sekitar lingkungan sekolah melalui kegiatan pratikum
6.
Memberikan contoh dengan benar pemecahan masalah biologi
dengan menggunakan metoda ilmiah setelah melakukan diskusi kelompok
A.
Materi Pembelajaran
1.
Objek Biologi Berbagai Tingkat organisasi Kehidupan
Kajian
biologi meliputi makhluk hidup dengan
segala permasalahannya, mulai dari individu (molekul, senyawa, sel, jaringan,
organ, sistem organ), populasi, komunitas, ekosistem sampai bioma yang
ditemukan pada lapisan bumi biosfer
2.
Permasalahan Biologi Pada Berbagai Tingkat organisasi
Kehidupan
Masalah
biologi dapat terjadi pada tingkat
molekul, senyawa, jaringan sampai bioma. Contoh pada tingkat organ seperti kanker kulit, patah tulang. Pada tingkat ekosistem, hampir
punahnya badak bercula satu, berubahnya sawah menjadi pemukiman dll.
3.
Metode Ilmiah
Dalam
mempelajari dan mengembangkan ilmu Biologi digunakan metoda ilmiah. Para ilmuwan dalam menyelesaikan masalah
harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah
B. Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Diskusi
- Presentasi
- Praktikum
- Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray)
C.
Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
1.
Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberikan apersepsi
Mengapa kita harus
mempelajari biologi!
b.
Guru memberi motivasi
Guru meminta siswa untuk melihat keluar kelas, setelah
itu menyakan dengan pertanyaan berikut: Apa
saja yang kamu lihat, mana yang menjadi objek biologi!
2.
Kegiatan inti (70 menit)
a.
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
b.
Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat)
orang
c.
Siswa diminta melakukan diskusi yang
membahas tentang
objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan, permasalahan biologi
pada berbagai tingkat organisasi kehidupan dan mengusulkan cara pemecahan
masalah biologi
d.
Setelah selesai mendeskusikan, dua orang dari masing-masing
menjadi tamu kedua kelompok yang lain
e.
Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan
hasil kerja dan informasi ke tamu mereka
f.
Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan
melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
g.
Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
h.
Guru meminta salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil
pembahasan kelompoknya dan siswa lain menanggapi atau bertanya.
i.
Guru memberikan penjelasan atau meluruskan konsep yang salah
secara singkat
3.
Penutup (10 menit)
a.
Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
b.
Guru menutup pelajaran dan memberikan salam
PERTEMUAN KEDUA
1.
Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberikan apersepsi
Apa yang dimaksud dengan
objek biologi?
b.
Guru memberi motivasi
Guru meminta siswa untuk melihat gambar yang di
tujukan, setelah itu menanyakan dengan pertanyaan berikut: dari gambar tesebut
tujukan masing tingkat organisasi kehidupan!
2.
Kegiatan inti (70 menit)
a.
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
b.
Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat)
orang
c.
Siswa diminta melakukan diskusi yang
membahas tentang
cara alternatif pemecahan masalah biologi dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan
d.
Setelah selesai guru meminta salah satu kelompok untuk
menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya dan siswa lain menanggapi atau
bertanya.
e.
Guru memberikan penjelasan atau meluruskan konsep yang salah
secara singkat
f.
Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan pratikum
g.
Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan disekitar lingkungan sekolah atau kebun sekolah untuk
menentukan populasi, jumlah induvidu, dan menentukan kingdom
h.
Setelah selesai siswa kembali ke dalam kelas untuk membuat
laporan singkat.
i.
Membuat laporan secara
kelompok! Lalu presentasikan hasil laporanmu di depan teman-teman sekelasmu
secara bergantian!
3.
Penutup (10 menit)
a.
Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
b.
Guru memberikan tugas rumah untuk membuat suatu
penelitian sederhana dengan menggunakan metode ilmiah secara berkelompok.
c.
Guru menutup pelajaran dan memberikan salam
H. Sumber Belajar/Alat/Bahan
1.
Sumber Belajar:
·
Buku teks
Pratiwi, D.A, dkk. 2007. Biologi Untuk SMA Kelas X. Jakarta:
Erlangga
Aryulina, Diah.2007. Biologi
2 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta:
Penerbit ESIS
2.
Alat
·
Laptop
·
LCD Proyektor
3. Bahan
·
LKS, Bahan presentasi
I. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik
·
Tes tertulis
·
Tes Unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen
·
Uraian, Pilihan ganda,
·
Lembar observasi
3.
Contoh instrument terlampir
Malang , 29 Februari 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA
Guru Mata Pelajaran
...........................
..................................
NIP NIP
Lampiran 1.
1.
Biologi sebagai ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai
permasalahan makhluk hidup dalam berbagai tigkat organisasi kehidupan. fenomena
berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah………………….
A.
mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika masak
B.
bangkai tikus berbau setelah beberapa hari
C.
kandungan mineral dalam batuan
D.
ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif didalam air pada
pengamatan menggunakan mikroskop
E.
pembuatan bir
2.
Fenomena kehidupan dapat dikaji dari tingkat organisasi yang
paling rendah sampai paling tinggi secara runtut adalah……………
A.
sel, organ, jaringan, sistem organ, molekul, bioma,
komunitas, populasi, induvidu
B.
molekul, jaringan, sistem organ, organ, bioma, sel, populasi,
induvidu, komunitas,
C.
molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ,
induvidu,popolasi, bioma, komunitas
D.
molekul, sel, jaringan,organ, sistem organ, induvidu,
populasi, komunitas, bioma
E.
bioma, komunitas, populasi, induvidu, sistem organ,organ,
jaringan, sel, molekul.
3.
Sel-sel yang serupa memiliki fungsi yang khusus membentuk
………..
A.
jaringan
B.
induvidu
C.
organ
D.
komunitas
E.
molekul
4.
Berikut ini contoh organ pada yang terdapat pada manusia
adalah……..
A.
paru-paru
B.
jantung
C.
ginjal
D.
epitel silinder selapis
E.
jawaban a,b,c benar
5.
suatu percobaan biasanya dimulai dengan adanya ………………..
A.
Tanya jawab
B.
masalah
C.
kesimpulan
D.
diskusi
E.
hipotesis
Soal uraian:
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan objek biologi
2.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan
3.
Jelaskan mamfaat mempelajari biologi
4.
Suatu percobaan biasanya dilakukan melalui tahapan metode
ilmiah? bagaimana tahapan–tahapan dalam metode ilmiah?
5.
Apa perbedaan antara kelompok perlakuan dan kelompok control
6.
Mengapa dalam melakukan percobaan seorang ilmuwan harus
bersikap ilmiah?
Jawaban Isntrumen Tes
Pilihan Ganda:
- C
- D
- A
- E
- B
Uraian
- Objek
dari biologi adalah semua makhluk hidup, mulai dari tingkat atom,
molekul, sel, jaringan, organ, individu,
populasi, ekosistem, sampai bioma.
- Jaringan
adalah kumpulan sel-sel yang bentuknya sama untuk melaksanakan suatu
fungsitertentu.
- Biologi mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari mulai
dari hubungan kita dengan lingkungan, makanan yang kita konsumsi, hingga
penyakit yang dapat menyerang tubuh kita.
Dengan demikian, dengan
memahami biologi diharapkan kita dapat: - memahami diri kita dan kehidupan
sekitar kita. Dan biologi bermamfaat untuk memecahkan berbagai permasalahan
guna meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.
- Menentukan masalah-mengajukan hipotesis-melakukan
percobaan-menentukan alat dan bahan-menentukan variabel-menarik kesimpulan
- Perbedaan kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yaitu;
untuk kelompok control tidak diberika perlakuan, sedangkan kelompok
perlakuan diberi satu atau lebih variabel yang sesuai dengan tujuan
percobaan, alat dan bahan, serta biaya.
- Karena dalam melakukan penelitian suatu objek atau
kejadian seseorang harus bersikap ilmiah yang di mulai dari pola pikir
yang dapat membedakan antara fakta dan opini, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan, bekerjasama, jujur dan disiplin.
Lampiran 2
LEMBAR
KERJA PENGAMATAN/PRATIKUM
Pengamatan/
Pratikum
·
Menghitung Jumlah Individu, Populasi, dan
Menentukan Jenis Ekosistem
Tujuan:
·
Menghitung jumlah individu dalam satu populasi, jumlah populasi
dari komunitasnya, dan dapat menentukan jenis ekosistem.
Alat dan Bahan:
·
Tumbuhan-tumbuhan di kebun sekolah, halaman sekolah, kolam
sekolah kalupun ada
·
Alat tulis,
Cara Kerja:
1.
Buatlah kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4–5 orang
siswa.
2.
Pergilah ke kebun, halaman, atau kolam di sekolahmu!
3.
Amatilah berbagai makhluk hidup yang hidup di dalamnya! Catat
dan hitung jumlah individu tiap-tiap jenis yang ada!
4.
Ada berapa macam
populasi yang terbentuk? Ada berapa individu pada tiap-tiap populasi? Apakah kalian
menemukan komunitas?
5.
Catat pula faktor abiotik yang dominan, tentukan macam
ekosistem yang terbentuk!
6.
Buatlah laporan secara
kelompok! Lalu presentasikan hasil laporanmu di depan teman-teman sekelasmu
secara bergantian!
Tabel pengamatan Menghitung
Jumlah Individu, Populasi, dan Menentukan Jenis Ekosistem
no
|
Jenis Populasi
|
Jumlah Induvidu
|
Termasuk Kingdom
|
Factor
–faktor biotik
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Lampiran 3
LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK I
- Buatlah bagan yang menggambarkan objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan, kemudian jelaskan dan berikan contoh masing-masing!
- sebutkan permasalahan yang terjadi pada tiap tingkat organisasi kehidupan dan pemecahan masalahnya!
- Bagaimana cara alternative dalam pemecahan masalah biologi?
Lanjutan…………………………
LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK II
1. Bagaimana kita melakukan suatu
pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah?
2. Berikan
salah satu contoh percobaan yang menggunakan metode ilmiah
Lampiran 4
SKOR PENILAIAN INSTRUMENT
ULANGAN HARIAN
No
|
Bentuk Instrumen
|
Nomor Soal
|
Skor
|
1.
|
Uraian terbatas
|
1
|
25
|
|
|
2
|
15
|
|
|
3
|
25
|
|
|
4
|
15
|
|
|
5
|
20
|
|
|
6
|
15
|
2
|
Pilihan ganda
|
1-5
|
5
|
|
Total Skor
|
125
|
Keterangan:
skor maksimal: 106
Nilai
= X 100
Lempira 5
SKOR PENILAIAN
EKSPERIMEN
Pengamatan
Menghitung
Jumlah Individu, Populasi, dan Menentukan Jenis Ekosistem
No
|
Komponen yang diamati
|
Skor penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Ketepatan menyiapkan alat dan bahan
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketepatan menggunakan alat
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketepatan menentukan populasi
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ketepatan menghitung jumlah induvidu
|
|
|
|
|
|
5
|
Ketepatan menentukan kingdom
|
|
|
|
|
|
6
|
Keseriusan dalam
pengamatan
|
|
|
|
|
|
7
|
Ketepatan dalam memasukan data ke dalam tabel
|
|
|
|
|
|
Berilah skor pada aspek yang diamati dengan rentangan skor
1-5!
Keterangan:
Tidak memuaskan : 1
Kurang
memuaskan : 2
Cukup memuaskan :
3
Memuaskan
:
4
Sangat
memuaskan : 5
Lampiran 6
SKOR PENILAIAN
KEAKTIFAN SISWA DALAM BERDISKUSI
Berilah skor pada aspek yang diamati dengan rentangan skor
1-5!
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
||
Bertanya
|
Menjawab
|
Menanggapi
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
Keterangan:
Sangat kurang : 1
Kurang :
2
Cukup :
3
Baik :
4
Sangat baik :
5
Nilai akhir:
Lampiran 7
MATERI AJAR
- Objek dan Permasalahan Biologi
Objek
dan permasalahan yang dikaji dalam biologi adalah makhluk hidup beserta
kehidupannya dan factor-faktor pendukung
kehidupannya . Objek dari biologi adalah semua makhluk hidup, mulai dari tingkat
atom, molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, sampai
bioma.
Menurut
Biological Science Curriculum Study (BSCS), biologi memiliki objek berupa
kingdom (kerajaan), yaitu Animalia (hewan), Plantae (tumbuhan), dan Protista
(makhluk hidup mirip hewan atau mirip tumbuhan). Seiring dengan perkembangan
ilmu dan teknologi, objek biologi yang semula hanya dibagi menjadi 3 kingdom
berkembang menjadi 5 kingdom, yaitu Animalia, Plantae, Fungi, Protista, dan
Monera. Bahkan saat ini, makhluk hidup dikelompokkan menjadi 6 kingdom, yaitu
Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Archaebacteria, dan Eubacteria.
- Organisasi Kehidupan
1. Di tingkat molekul, dipelajari struktur
subselular (organel). Molekul dapat
dibedakan menjadi makromolekul yang lebih sederhana hingga atom-atom (proton, neutron, dan elektron) yang
membangunnya. Dalam setiap tubuh
makhluk hidup, selalu mengandung atom karbon (C = carbon), hidrogen (H), dan oksigen (O) dalam
tubuhnya. Sekumpulan atom-atom akan
membentuk molekul-molekul yang disebut molekul organik. Ada empat golongan molekul organik, yaitu molekul lipid,
protein, karbohidrat, dan asam nukleat. Interaksi
antarmolekul-molekul tersebut akan
membentuk organel yang memiliki fungsi tertentu. Selanjutnya, interaksi tersebut membentuk organisasi tingkat sel.
Contoh
permasalahan biologi yang dapat muncul di tingkat molekul adalah virus. Meskipun virus hanya tersusun dari
protein dan molekul asam nukleat, virus
dapat berkembang biak dan menyebabkan penyakit. Selanjutnya, virus dimasukkan dalam kelompok tersendiri.
2.
Tingkat Sel adalah
tingkat organisasi di atas molekul. Semua makhluk hidup tersusun oleh sel, ada
yang bersel satu atau bersel banyak. Sel sebagai unit fungsional dan struktural
terkecil bagi makhluk hidup bersel banyak selalu memperlihatkan ciri-ciri
hidup, di antaranya, sebagai berikut:
·
dapat berkembang
biak atau menghasilkan keturunan;
·
dapat menghasilkan
energi melalui serangkaian proses respirasi sel dalam mitokondria;
·
memberikan respons
atau tanggapan terhadap rangsang;
·
melakukan pencernaan intraseluler (digestive)
dan pengeluaran (ekskresi);
·
tumbuh dan
berkembang. Sel-sel anak hasil pembelahan sel (mitosis) akan tumbuh hingga
mencapai ukuran tertentu, kemudian mulai berkembang dan berdiferensiasi atau
berspesialisasi (berubah bentuk menurut fungsi-fungsi tertentu).
Permasalahan biologi dapat muncul pada tingkat
sel, antara lain, adanya perbedaan struktur sel hewan dan struktur sel
tumbuhan. Pada kenyataannnya, terdapat perbedaan antara sel hewan dan sel
tumbuhan.
3. Tingkat organisasi setelah sel adalah jaringan.
Jaringan adalah kumpulan sel-sel yang bentuknya sama untuk melaksanakan suatu
fungsi tertentu. Beberapa jaringan dasar penyusun tubuh hewan, antara lain, jaringan,
seperti epitelium, otot, ikat, tulang, dan saraf. Sementara itu, jaringan pada tumbuhan,
antara lain, epidermis, parenkima, kolenkima, sklerenkima, endodermis, xilem,
dan floem
Contoh permasalahan biologi yang muncul pada
tingkat jaringan adalah cara jaringan otot dapat berkontraksi sehingga
menggerakkan tulang
4. Tingkat organ , Sekumpulan jaringan bekerja sama
dalam membentuk organ, Organ adalah kumpulan dari
beberapa jaringan yang berbeda dan menjalankan fungsi yang sama. Contoh: Pada
tumbuhan : akar, batang, daun, bunga, buah, biji sedangkan Pada hewan : hati,
paru-paru, telinga, mata dll
Contoh permasalahan biologi di tingkat organ
adalah infeksi usus halus. Bagaimana
akibat yang ditimbulkan dari infeksi di usus halus?
5. Tingkat sistem organ yaitu; Sekumpulan organ yang
bekerja sama akan membentuk suatu sistem
untuk menjalankan fungsi tertentu. Contoh
sistem organ adalah sistem percernaan yang tersusun dari organ mulut, esofagus,
lambung, usus halus, usus besar, regtum, dan anus.
Contoh permasalahan biologi di tingkat sistem
organ adalah kasus pemisahan bayi kembar siam dengan pemisahan organ perut yang
salah satu bayinya tidak memiliki salah satu bagian dalam sistem pencernaan.
6. Tingkat
Individu, Satu-satuan makhluk hidup
disebut individu. Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal yang tersusun
oleh kumpulan sistem organ.
Contoh permasalahan adanya berbagai sistem organ yang fungsinya
berbeda membuat suatu individu dapat melakukan hidupnya dengan baik
7. Tingkat selanjutnya adalah populasi. Masih
ingatkah kalian apa arti populasi? Populasi artinya kumpulan dari individu
sejenis yang secara bersama menempati suatu habitat.
Contoh permasalahan biologi yang dapat muncul di
tingkat populasi adalah budi daya ikan mas. Untuk budi daya ikan mas, kita
memerlukan individu-individu sejenis yang memiliki sifat unggul sehingga hasil
perkawinan di antara ikan mas adalah keturunan yang fertil.
8. Satu tingkat di atas populasi adalah komunitas.
Komunitas adalah kumpulan beberapa populasi yang tinggal bersama pada suatu
wilayah tertentu. Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk
hidup dengan lingkungannya. Dari komunitas kita akan mengenal beberapa macam
ekosistem, misalnya, ekosistem dataran rendah, ekosistem pegunungan, ekosistem
perairan tawar, dan ekosistem laut.
Permasalah yang muncul di tingkat ekosistem, antara
lain, tanah longsor, tercemarnya air sungai, dan penebangan liar di hutan.
Keadaan ini dapat mengakibatkan matinya tumbuhan dan hewan-hewan yang hidup di
dalamnya. Selain itu, juga dapat merusak habitat dan struktur tanah serta
perubahan suhu yang disebabkan berkurangnya tumbuhan hijau.
9.
Tingkat Bioma, Bioma merupakan satuan daerah daratan yang luas yang dibentuk
oleh ekosistem dalam skala besar yang terjadi karena adanya interaksi iklim
dengan keaneragaman makhluk hidup yang khas (yang dominan). Contoh : Bioma
tundra, bioma taiga, bioma hutan hujan tropis.
Contoh permasalahan tingkat bioma antara kondisi
lingkungan /interaksi iklim dengan keaneragaman MH yang khas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar