SILABUS
Nama Skolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/I
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Stadar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi ajar
|
Pengelaman Belajar
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber /Alat dan Bahan
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrument
|
|||||||
4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan
energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
|
4.4. Membuat produk daur ulang limbah
|
Materi pokok
Produk daur
ulang limbah
Sub materi I
·
Produk daur ulang libah organik
·
Produk daur ulang limbah anorganik
|
· Mempersiapkan
alat dan bahan sesuai keperluan yang direncanakan
· Melakukan
pembuatan pupuk kompos dengan bahan utama sayuran dan sisa makanan ternak
secara berkelompok diluar jam pelajaran
· Membuat
produk baru yang berguna sesuai rancangan desain dengan bahan utama limbah plastik dan kertas secara berkelompok diluar jam pelajaran
· Membawa dan memperlihatkan bukti hasil kerja atau produk yang
dihasilkan
|
· Menyiapakan
bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat produk
· Memproduksi pupuk kompos dari bahan utama sayuran atau
sisa makanan ternak
· Menghasilkan kerajinan tangan dari
bahan utama plastik
· Menunjukan hasil produk yang telah dibuat
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
|
Petunjuk
percobaan
Petujuk
percobaaan
Petujuk
percobaaan
Petujuk
percobaaan
|
Lembar observasi atau rubric
Rubrik
Rubrik
|
2jp
2jp
|
Sumber :
Aryulina, Diah,
dkk. 2007. Biologi I SMA kelas X. Jakarta: Esis
Syamsuri, Istamar,
dkk .2007. Biologi I SMA kelas X. Jakarta: Erlangga
Alat :
Wadah yang berukuran besar,Gunting, paku,dll
Bahan:
Sedotan bekas,
botol plastik, gelas aqua, cat, lem dan sisa sayuran serta makanan ternak dll
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar