Kamis, 29 Maret 2012

silabus gerak tumbuhan kelas VIII


Nama                                     : Ferdinandus Nawa

Nama Sekolah                        : SMP
Mata Pelajaran                       : IPA TERPADU
Kelas / Semester                    : VIII/2


STADAR KOMPETENSI


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI AJAR

PENGELAMAN BELAJAR

TUJUAN PEMBELAJARAN

3.Memahami sistem dalam Kehidupan Tumbuhan
3.2Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
1.       Menyelidiki fenomena yang menunjukan adanya gerak pada tumbuhan







2.       Menyebutkan macam-macam gerak pada tumbuhan




3.       Membuktikan gerak pada tumbuhan berdasarkan faktor– faktor yang mempengaruhi pertumbuhan









4.       Mengemukakan secara lisan dan tetulis faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan




5.       Membedakan berbagi macam gerak tumbuhan berdasarkan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan






6.       Menyimpulkan mekanisme gerak pada tumbuhan berdasarkan hasil percobaan dan kajian buku teks Biologi

·     Materi pokok
Macam-macam gerak pada tumbuhan

Sub materi I
·     Gerak Etionom
·     Gerak Endonom
Laboratoris :
Melakukan pengamatan  terhadap gerak putri malu dan merumuskan kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan

Non Laboratoris:
Menyaksikan tayang video macam gerak tumbuhan

Non Laboratoris
Melakukan diskusi dan membaca buku teks untuk menemukan macam-macamgerak pada tumbuhan


Laboratoris:
Melakukan percobaan  sederhana untuk membuktikan gerak tumbuhan oleh cahaya dan rangsangan mekanis

Non Laboratoris:
Menggali informasi dari buku teks Biologi dan video pembelajaran gerak tumbuhan

Menyusun laporan



Non Laboratoris :
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dan studi literatur tentang  faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan  dalam diskusi kelas



Non Laboratorius:
Melakukan diskusi kelompok dan membaca buku teks untuk menemukan perbedaan macam gerak pada tumbuhan






Laboratories:
Membuat kesimpulan mekanisme gerak tumbuhan dari hasil pengamatan

Non Laboratorius
Membuat kesimpulan mekanisme gerak tumbuhan dari hasil kajian buku teks
Siswa kelas VIII SMP di harapkan mampu:
1.     Menyelidiki dengan benar fenomena yang menunjukan adanya gerak pada tumbuhan melalui kegiatan pengamatan

2.     Menemukan dengan benar fenomena yang menunjukan adanya gerak pada tumbuhan  setelah pengamatan

3.     Menyebutkan dengan benar macam-macam gerak pada tumbuhan setelah melakukan diskusi kelompok

4.     Membuktikan dengan benar  gerak pada tumbuhan berdasarkan faktor–faktor yang mempengaruhi pertumbuhan setelah melakukan pengamatan dan membaca buku teks

5.     Mengemukakan secara lisan dan tetulis faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan setelah melakukan diskusi kelas

6.     Membedakan dengan benar macam- macam gerak tumbuhan berdasarkan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan setelahmelakukan diskusi kelompok

7.       Menyimpulkan dengan benar mekanisme gerak pada tumbuhan berdasarkan hasil percobaan dan kajian buku teks Biologi melalui diskusi klasikal




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar