RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah : SMA…..
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/semester : XII/2

A. Standar kompetensi :
5.
Memahami Prinsip-Prinsip Dasar Bioteknologi Serta Implikasinya Pada
Salingtemas
B. Kompetensi dasar :
5.1 Menjelaskan Arti, Prinsip Dasar Dan Jenis-Jenis
Bioteknologi
C. Indikator pencapaian kompetensi :
1.
Menyebutkan
bioteknologi berdasarkan perkembangannya.
2.
Mendeskripsikan
bioteknologi berdasarkan perkembangannya
3.
Membedakan
bioteknologi konvensional dan modern
4.
Menentukan
prinsip dasar bioteknologi bioteknologi modern dan konvensional
5.
Mendefinisikan
pengertian bioteknologi
D. Tujuan pembelajaran :
Setelah
melakukan diskusi kelompok Siswa kelas XII mampu untuk:
1.
Menyebutkan
dengan benar 2 macam perkembangan bioteknologi setelah melakukan diskusi
kelompok
2.
Mendeskripsikan
dengan benar perkembangan-perkembangan biotekonologi konvensional setelah
melakukan diskusi kelompok
3.
Mendeskripsikan
dengan benar perkembangan-perkembangan biotekonologi modern setelah melakukan diskusi kelompok
4.
Membedakan
dengan benar bioteknologi konvensional dan modern setelah melakukan diskusi
kelompok
5.
Menentukan
dengan tepat prinsip dasar perkembangan bioteknologi modern setelah melakukan
diskusi kelompok
6.
Menentukan
dengan tepat prinsip dasar perkembangan bioteknologi konvensional setelah
melakukan diskusi kelompok
7.
Mendefenisikan
dengan benar pengertian bioteknologi setelah melakukan diskusi kelompok
E. Materi ajar
Bioteknologi
· Pengertian Bioteknologi
· perkembangan bioteknologi
· Arti dan prinsip dasar Bioteknologi.
· Jenis-jenis Bioteknologi
F. Metode pembelajaran :
· Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) Spencer Kagan 1992
G. Kegiatan
pembelajaran
Pertemuan ke- 1
No.
|
Kegiatan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
1.
|
Kegiatan Awal
(10 Menit)
·
Menyapa dan memeriksa kehadiran siswa.
·
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari adalah Bioteknologi
·
Guru menarik
perhatian siswa dengan pertanyaan “Kalian
tentu mengenal makanan seperti tempe, dan
kecap, Dari bahan dasar apa makanan tersebut dibuat? Mikroorganisme
apakah yang berperan di dalam proses terjadinya tempe dan kecap?
|
·
Mempersiapkan diri untuk mengikuti proses KBM
·
Menyimak dan memperhatikan materi yang di sampaikan
guru
·
Menulis topik yang disampaikan guru
·
Menjawab pertanyaan guru.
|
2
|
Kegiatan Inti (75 Menit)
·
Membimbing siswa dalam pembentukan kelompok secara
heterogen. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa.
·
Memberikan ulasan singkat materi yang akan dipelajari
yaitu tentang Bioteknologi
·
Menyajikan topik permasalahan yang akan dibahas setiap kelompok yaitu tentang
perkembanganbioteknologi, perbedaan bioteknologi moderen dan konvensional,
prinsip dasarnya, serta pengertian bioteknologi
·
Meminta setiap anggota kelompok untuk mendiskusikan
permasalahannya
·
Meminta/menunjuk salah satu kelompok unuk melaporkan/mempresentasikan
hasil kerja kelompoknya
·
Guru memberikan penguatan terhadap jawaban peserta
didik dengan meluruskan konsep yang salah
·
Membimbing siswa untuk merangkum materi yang telah
dibahas
|
·
Duduk dalam kelompoknya
·
Mendengarkan penjelasan guru dan mengajukan pertanyaan
apabila belum di pahaminya
·
Setiap kelompok mendapatkan tugas yang akan
didiskusikan
· Siswa bekerja sama dalam kelompok
·
Setiap siswa berdiskusi dalam kelompoknya. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing
menjadi tamu kedua kelompok yang lain
·
Dua orang yang
tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu
mereka
·
Tamu mohon diri
dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari
kelompok lain
·
Kelompok
mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
·
Mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal, siswa
lain mendengarkan dan memerikan pertanyaan/ tambahan/ mengggapi.
·
Mendengar dan mencatat jawaban yang disampaikan oleh guru
·
Merangkum pembelajaran hari ini
|
3
|
Kegiatan Akhir (5 menit)
·
Guru mengakhiri dan menutup pelajaran
|
·
Menyiapkan diri untuk mengikuti pelajaran berikutnya
|
H. Sumber Belajar/Alat/Bahan
1.
Sumber Belajar:
·
Buku teks
Aryulina, Diah.2007. Biologi
3 SMA dan MA untuk Kelas XII. Jakarta:
Penerbit ESIS
2.
Alat
·
Laptop
·
LCD
Proyektor
3. Bahan
·
LKS, Bahan presentasi (power point)
I.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik
·
Tes
tertulis
·
Tes Unjuk kerja
2.
Bentuk
Instrumen
·
Uraian, Pilihan ganda,
·
Lembar observasi
3.
Contoh
instrument terlampir
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
…………………….. ……..………………
NIP.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar