Nama :
Ferdinandus Nawa
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA TERPADU
Kelas / Semester : VIII/2
STADAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI AJAR
|
PENGELAMAN BELAJAR
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
3.Memahami
sistem dalam Kehidupan Tumbuhan
|
3.2Mengidentifikasi
macam-macam gerak pada tumbuhan
|
1.
Menyelidiki
fenomena yang menunjukan adanya gerak pada tumbuhan
2.
Menyebutkan
macam-macam gerak pada tumbuhan
3.
Membuktikan
gerak pada tumbuhan berdasarkan
faktor– faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
4.
Mengemukakan
secara lisan dan tetulis faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan
5.
Membedakan
berbagi macam gerak tumbuhan berdasarkan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
6.
Menyimpulkan
mekanisme gerak pada tumbuhan berdasarkan hasil percobaan dan kajian buku
teks Biologi
|
· Materi pokok
Macam-macam
gerak pada tumbuhan
Sub materi I
· Gerak Etionom
· Gerak Endonom
|
Laboratoris :
Melakukan
pengamatan terhadap gerak putri malu
dan merumuskan kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan
Non
Laboratoris:
Menyaksikan
tayang video macam gerak tumbuhan
Non
Laboratoris
Melakukan
diskusi dan membaca buku teks untuk menemukan macam-macamgerak pada tumbuhan
Laboratoris:
Melakukan
percobaan sederhana untuk membuktikan
gerak tumbuhan oleh cahaya dan rangsangan mekanis
Non Laboratoris:
Menggali
informasi dari buku teks Biologi dan video pembelajaran gerak tumbuhan
Menyusun laporan
Non
Laboratoris :
Mengkomunikasikan
hasil pengamatan dan studi literatur tentang
faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan dalam diskusi kelas
Non
Laboratorius:
Melakukan
diskusi kelompok dan membaca buku teks untuk menemukan perbedaan macam gerak
pada tumbuhan
Laboratories:
Membuat
kesimpulan mekanisme gerak tumbuhan dari hasil pengamatan
Non
Laboratorius
Membuat
kesimpulan mekanisme gerak tumbuhan dari hasil kajian buku teks
|
Siswa
kelas VIII SMP di harapkan mampu:
1.
Menyelidiki
dengan benar fenomena yang menunjukan adanya gerak pada tumbuhan melalui
kegiatan pengamatan
2.
Menemukan
dengan benar fenomena yang menunjukan adanya gerak pada tumbuhan setelah pengamatan
3.
Menyebutkan
dengan benar macam-macam gerak pada tumbuhan setelah melakukan diskusi
kelompok
4.
Membuktikan
dengan benar gerak pada tumbuhan berdasarkan
faktor–faktor yang mempengaruhi pertumbuhan setelah melakukan pengamatan dan
membaca buku teks
5.
Mengemukakan
secara lisan dan tetulis faktor yang mempengaruhi gerak pada tumbuhan setelah
melakukan diskusi kelas
6.
Membedakan
dengan benar macam- macam gerak tumbuhan berdasarkan faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan setelahmelakukan diskusi kelompok
7.
Menyimpulkan
dengan benar mekanisme gerak pada tumbuhan berdasarkan hasil percobaan dan
kajian buku teks Biologi melalui diskusi klasikal
|
ini silabus k13 pa ktsp ya
BalasHapus