RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI/II
Alokasi
Waktu : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami
penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada
Salingtemas.
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Menjelaskan
hubungan gen (DNA)-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menjelaskan peristiwa pembentukan
mRNA oleh gen (DNA) melalui proses transkripsi.
2.
Menjelaskan proses/tahapan
translasi.
3.
Mengurutkan tahapan-tahapan proses
sintesis protein secara skematis.
4.
Menghubungkan gen (DNA), RNA, dan
polipeptida dengan skema.
D.
Tujuan Pembelajaran
Siswa SMA kelas XII
semester II mampu:
1.
menjelaskan dengan benar peristiwa
pembentukan mRNA oleh gen (DNA) melalui proses transkripsi dengan menggunakan
skema setelah melakukan diskusi kelompok.
2.
menjelaskan proses/tahapan
translasi dengan benar setelah melakukan diskusi kelompok.
3.
mengurutkan tahapan-tahapan proses
sintesis protein secara skematis dengan
benar setelah melakukan diskusi kelompok.
4.
menghubungkan gen (DNA), RNA, dan
polipeptida dan proses sintesis
protein secara tepat dengan menggunakan setelah melakukan diskusi kelompok.
E.
Materi Ajar
Materi Pokok: Sintesis
Protein
Sub-Materi:
1.
Peristiwa
pembentukan mRNA oleh gen (DNA) melalui proses transkripsi

Mekanisme
Transkripsi
2. Proses/Tahapan Translasi

Meknisme
Dasar Translasi

Tahap
inisiasi

Tahapan
Elongasi

Tahapan
Terminasi
3. Hubungan gen (DNA), RNA, polipeptida dan sintesis protein.

F.
Metode Pembelajaran
Kooperatif STAD
G.
Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
1. Kegiatan Pendahuluan
(5’)
Guru memberikan
beberapa suruhan dan pertanyaan kepada siswa: “anak-anak, cobalah perhatikan
secara seksama teman-teman yang ada di sekelilingmu juga Ibu yang berdiri
disini.
1) Apakah ada perbedaan diantara kita
semua?
2) Sebutkan perbedaan tersebut?
3) Mengapa terjadi adanya perbedaan
tersebut?
Jawaban yang diharapkan dari siswa antara
lain:
1)
Ada perbedaan
2)
Kulit, rambut, hidung, dan
lain-lain.
3)
Orang tuanya berbeda, baru di
arahkan dengan pertanyaan.
Karena itu, kalian perlu mempelajari lebih
lanjut, apa saja dan bagaimanakah materi genetik itu
(bagaimana kerja materi genetik dalam menentukan sifat-sifat yg berbeda)”. Kemudian Guru menanyakan kepada siswa mengenai
pengetian gen, DNA, dan RNA yang sudah mereka pelajari.
2. Kegiatan Inti (75’)
a. Guru memberikan penjelasan mengenai
pengertian atau konsep gen, DNA, dan RNA kepada siswa melalui media power
point. (15’)
b. Guru membimbing siswa dalam
pembentukkan kelompok. Kelompok dibentuk secara heterogen berdasarkan tingkat
akademik siswa dan jenis kelamin dengan jumlah 4-5 orang dalam tiap kelompok. (2’)
c. Siswa bekerja dalam kelompok mengkaji
literatur mengenai peristiwa pembentukan mRNA oleh gen
(DNA) melalui proses atau tahapan transkripsi serta proses atau tahapan translasi (secara lebih lengkap dapat dilihat pada LKS
pada lampiran 1), kemudian siswa membuat skema proses transkripsi dan translasi
di kertas manila (15’-20’) ® jika siswa kesulitan dalam proses transkripsi
dan translasi guru membantu untuk menjelaskan ke siswa.
d. Salah satu kelompok diminta untuk
mempresentasikan skema transkripsi dan translasi yang telah dibuat dengan menempelkan
skema dalam kertas manila di papan (15’).
e. Guru memberikan konfirmasi atau
penguatan konsep atas diskusi tersebut.
1. Peristiwa transkripsi
2. Peristiwa translasi.
f.
Guru
memberikan kuis à jumlah soal 10 à soal kuis terlampir (10’).
g. Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok siswa yang memiliki kerja sama yang baik dalam kelompok (berdasarkan
keuntungan kelompok). (5’)
3. Kegiatan Penutup (10’)
a. Siswa dibimbing guru membuat
ringkasan.
b. Siswa bersama guru melaksanakan
review atau refleksi.
PERTEMUAN KEDUA
1. Kegiatan Pendahuluan (5’)
Guru memberikan cerita singkat: Seorang ibu yang mempunyai mata sipit dapat
melahirkan anak yang juga bermata sipit. Tidak menutup kemungkinan, anak yang
dilahirkan dapat juga mempunyai mata lebar seperti yang dimiliki oleh ayahnya.
Nah, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi munculnya sifat ini terdapat di
dalam sel tubuh yang disebut materi genetik. Ilmu yang mempelajarinya disebut
genetika.
1) Mengapa anak yang dilahirkan
bermata sipit?
2) Bagaimanakah gen tersebut dapat diterjemahkan
atau diturunkan?
Jawaban yang diharapkan dari siswa antara lain:
1)
Karena
ibunya bermata sipit
2)
Gen untuk
mata sipit dari ibu dapat diterjemahkan melalui sintesis protein (jika siswa
menjawab jawaban lain seperti “Gen tersebut diturunkan pada saat ibu melahirkan”,
maka guru mengarahkan siswa bahwa pada saat ibu mengandung, janin yang
terbentuk pada awalnya melaui proses fertilisasi/bersatunya sel sperma dan sel
ovum yang membawa materi genetik yang selanjutnya akan melakukan proses
sintesis protein).
2.
Kegiatan Inti (75’)
a. Guru menjelaskan langkah-langkah
kegiatan pembelajaran. (5’)
b. Siswa duduk dalam kelompok yang
telah ditentukkan pada pertemuan sebelumnya. (2’)
c. Guru membagikan LKS kepada siswa
untuk dikerjakan oleh siswa mengenai hubungan gen
(DNA)-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein dalam bentuk skema (secara
lebih lengkap dapat dilihat pada LKS pada lampiran 2), kemudian siswa membuat
skema proses sintesis protein di kertas manila (15’-20’) ® jika siswa kesulitan dalam proses sintesis
protein guru membantu untuk menjelaskan ke siswa.
d. Salah satu kelompok diminta untuk
mempresentasikan skema sintesis protein yang telah dibuat dengan menempelkan
skema dalam kertas manila di papan (15’).
e. Guru memberikan konfirmasi atau
penguatan konsep atas diskusi tersebut tentang peristiwa sintesis protein.
(15’)
f.
Guru
memberikan kuiz berupa permainan untuk memasangkan rangkaian asam amino yang
akan dibentuk. (13’)
g. Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok siswa yang memiliki kerja sama yang baik dalam kelompok. (5’)
3. Kegiatan Penutup (10’)
a. Siswa dibimbing guru membuat
ringkasan.
b. Siswa bersama guru melaksanakan
review atau refleksi.
c. Siswa diberikan tugas dengan
mengerjakan soal pada buku Biologi 3 SMA dan MA untuk
Kelas XII, karangan
Diah Aryulina dkk (Pilihan Ganda no. 21-25 halaman 97-98, uraian no. 12-15
halaman 100).
H.
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
Tes tulis
Non-tes
b. Bentuk Instrumen:
Tes PG
Tes isian singkat
Tes uraian
Lembar
observasi diskusi
I.
Sumber/Alat/Bahan/Media
a.
Buku IPA SMA:
Aryulina, Diah, dkk. 2007. Biologi 3 SMA dan MA untuk Kelas XII. Jakarta: ESIS (halaman 88-92)
b.
Alat
Laptop dan Proyektor LCD.
c.
Media
ü Power point mengenai
konsep gen, kromosom, DNA, dan RNA
ü Power point mengenai tahap-tahap atau proses
transkripsi dan translasi
ü Power point mengenai tahap-tahap atau proses
sintesis protein
Malang,
24 April 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
(……………………) (…………………….)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar