Sabtu, 12 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HEREDITAS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                      Nama Sekolah          : SMA
                                      Mata Pelajaran        : Biologi
                                      Kelas / Semester      : XI/II
                                      Alokasi Waktu         : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)


A.     Standar Kompetensi
3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas.

B.     Kompetensi Dasar
3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menjelaskan peristiwa pembentukan mRNA oleh gen (DNA) melalui proses transkripsi.
2.      Menjelaskan proses/tahapan translasi.
3.      Mengurutkan tahapan-tahapan proses sintesis protein secara skematis.
4.      Menghubungkan gen (DNA), RNA, dan polipeptida dengan skema.

D.    Tujuan Pembelajaran
Siswa SMA kelas XII semester II mampu:
1.      menjelaskan dengan benar peristiwa pembentukan mRNA oleh gen (DNA) melalui proses transkripsi dengan menggunakan skema setelah melakukan diskusi kelompok.
2.      menjelaskan proses/tahapan translasi dengan benar setelah melakukan diskusi kelompok.
3.      mengurutkan tahapan-tahapan proses sintesis protein  secara skematis dengan benar setelah melakukan diskusi kelompok.
4.      menghubungkan gen (DNA), RNA, dan polipeptida dan proses sintesis protein secara tepat dengan menggunakan setelah melakukan diskusi kelompok.

E.     Materi Ajar         
Materi Pokok: Sintesis Protein
Sub-Materi:
1.      Peristiwa pembentukan mRNA oleh gen (DNA) melalui proses transkripsi


Mekanisme Transkripsi





2.      Proses/Tahapan Translasi

Meknisme Dasar Translasi
Tahap inisiasi


Tahapan Elongasi

Tahapan Terminasi
3.      Hubungan gen (DNA), RNA, polipeptida dan sintesis protein.
                                    

F.      Metode Pembelajaran
Kooperatif STAD
G.    Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
1.      Kegiatan Pendahuluan (5’)
Guru memberikan beberapa suruhan dan pertanyaan kepada siswa: “anak-anak, cobalah perhatikan secara seksama teman-teman yang ada di sekelilingmu juga Ibu yang berdiri disini.
1)      Apakah ada perbedaan diantara kita semua?
2)      Sebutkan perbedaan tersebut?
3)      Mengapa terjadi adanya perbedaan tersebut?
Jawaban yang diharapkan dari siswa antara lain:
1)      Ada perbedaan
2)      Kulit, rambut, hidung, dan lain-lain.
3)      Orang tuanya berbeda, baru di arahkan dengan pertanyaan.
Karena itu, kalian perlu mempelajari lebih lanjut, apa saja dan bagaimanakah materi genetik itu (bagaimana kerja materi genetik dalam menentukan sifat-sifat yg berbeda)”. Kemudian Guru menanyakan kepada siswa mengenai pengetian gen, DNA, dan RNA yang sudah mereka pelajari. 

2.      Kegiatan Inti (75’)
a.       Guru memberikan penjelasan mengenai pengertian atau konsep gen, DNA, dan RNA kepada siswa melalui media power point. (15’)
b.      Guru membimbing siswa dalam pembentukkan kelompok. Kelompok dibentuk secara heterogen berdasarkan tingkat akademik siswa dan jenis kelamin dengan jumlah 4-5 orang dalam tiap kelompok. (2’)
c.       Siswa bekerja dalam kelompok mengkaji literatur mengenai peristiwa pembentukan mRNA oleh gen (DNA) melalui proses atau tahapan transkripsi serta proses atau tahapan translasi (secara lebih lengkap dapat dilihat pada LKS pada lampiran 1), kemudian siswa membuat skema proses transkripsi dan translasi di kertas manila (15’-20’) ® jika siswa kesulitan dalam proses transkripsi dan translasi guru membantu untuk menjelaskan ke siswa.
d.      Salah satu kelompok diminta untuk mempresentasikan skema transkripsi dan translasi yang telah dibuat dengan menempelkan skema dalam kertas manila di papan (15’).
e.       Guru memberikan konfirmasi atau penguatan konsep atas diskusi tersebut.
1.      Peristiwa transkripsi
2.      Peristiwa translasi.
f.        Guru memberikan kuis à jumlah soal 10 à soal kuis terlampir (10’).
g.       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok siswa yang memiliki kerja sama yang baik dalam kelompok (berdasarkan keuntungan kelompok). (5’)
3.      Kegiatan Penutup (10’)
a.       Siswa dibimbing guru membuat ringkasan.
b.      Siswa bersama guru melaksanakan review atau refleksi.

PERTEMUAN KEDUA
1.      Kegiatan Pendahuluan (5’)
Guru memberikan cerita singkat: Seorang ibu yang mempunyai mata sipit dapat melahirkan anak yang juga bermata sipit. Tidak menutup kemungkinan, anak yang dilahirkan dapat juga mempunyai mata lebar seperti yang dimiliki oleh ayahnya. Nah, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi munculnya sifat ini terdapat di dalam sel tubuh yang disebut materi genetik. Ilmu yang mempelajarinya disebut genetika.
1)      Mengapa anak yang dilahirkan bermata sipit?
2)      Bagaimanakah gen tersebut dapat diterjemahkan atau diturunkan?
Jawaban yang diharapkan dari siswa antara lain:
1)      Karena ibunya bermata sipit
2)      Gen untuk mata sipit dari ibu dapat diterjemahkan melalui sintesis protein (jika siswa menjawab jawaban lain seperti “Gen tersebut diturunkan pada saat ibu melahirkan”, maka guru mengarahkan siswa bahwa pada saat ibu mengandung, janin yang terbentuk pada awalnya melaui proses fertilisasi/bersatunya sel sperma dan sel ovum yang membawa materi genetik yang selanjutnya akan melakukan proses sintesis protein).
2.      Kegiatan Inti (75’)
a.       Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan pembelajaran. (5’)
b.      Siswa duduk dalam kelompok yang telah ditentukkan pada pertemuan sebelumnya. (2’)
c.       Guru membagikan LKS kepada siswa untuk dikerjakan oleh siswa mengenai hubungan gen (DNA)-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein dalam bentuk skema (secara lebih lengkap dapat dilihat pada LKS pada lampiran 2), kemudian siswa membuat skema proses sintesis protein di kertas manila (15’-20’) ® jika siswa kesulitan dalam proses sintesis protein guru membantu untuk menjelaskan ke siswa.
d.      Salah satu kelompok diminta untuk mempresentasikan skema sintesis protein yang telah dibuat dengan menempelkan skema dalam kertas manila di papan (15’).
e.       Guru memberikan konfirmasi atau penguatan konsep atas diskusi tersebut tentang peristiwa sintesis protein. (15’)
f.        Guru memberikan kuiz berupa permainan untuk memasangkan rangkaian asam amino yang akan dibentuk. (13’)
g.       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok siswa yang memiliki kerja sama yang baik dalam kelompok. (5’)
3.      Kegiatan Penutup (10’)
a.       Siswa dibimbing guru membuat ringkasan.
b.      Siswa bersama guru melaksanakan review atau refleksi.
c.       Siswa diberikan tugas dengan mengerjakan soal pada buku Biologi 3 SMA dan MA untuk Kelas XII, karangan Diah Aryulina dkk (Pilihan Ganda no. 21-25 halaman 97-98, uraian no. 12-15 halaman 100).

H.    Penilaian Hasil Belajar
a.      Teknik Penilaian:
Tes tulis
Non-tes
b.      Bentuk Instrumen:
Tes PG
Tes isian singkat
Tes uraian
Lembar observasi diskusi

I.       Sumber/Alat/Bahan/Media
a.    Buku IPA SMA:
Aryulina, Diah, dkk. 2007. Biologi 3 SMA dan MA untuk Kelas XII. Jakarta: ESIS (halaman 88-92)
b.      Alat
Laptop dan Proyektor LCD.
c.       Media
ü  Power point mengenai konsep gen, kromosom, DNA, dan RNA
ü  Power point mengenai tahap-tahap atau proses transkripsi dan translasi
ü  Power point mengenai tahap-tahap atau proses sintesis protein





Malang, 24 April 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran


(……………………)                                                              (…………………….)
NIP.                                                                                         NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar